Perkembangan Teknologi Komunikasi – Journal Review 2
Saya Yassar Hasan (1502180001) mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, Telkom University akan kembali me-review beberapa jurnal internasional. Pada kesempatan ini saya akan me-review
jurnal internasional mengenai dampak dari media sosial terhadap bisnis,
hal ini juga sekaligus untuk memenuhi tugas mata kuliah Perkembangan
Teknologi Komunikasi saya.
Pada tulisan ini saya me-review tiga buah jurnal, yang pertama yaitu jurnal tahun 2012 yang berjudul “Verification of Social Media Impact Theory Claims in Social Media Context” oleh Imran Mir dan Arshad Zaheer. Jurnal kedua tahun 2011, berjudul “The History of Social Media and its Impact on Business”
oleh Simeon Edosomwan, Sitalaskshmi Kalangot Prakasan, Doriane Kouame,
Jonelle Watson, dan Tom Seymour. Dan jurnal ketiga tahun 2012, yang
berjudul “Effectiveness of Social Media as a Marketing Tool: an Empiricial Study” oleh Abu Bashar, Irshad Ahmad, dan Mohammad Wasiq.
Ketiga jurnal tersebut sama-sama membahas mengenai media sosial dan
business. Jadi, saya akan menjabarkan garis besar pembahasan ketiga
jurnal tersebut sebagai berikut:
Media sosial merupakan metode yang memiliki biaya rendah atau hemat
biaya dalam melakukan kegiatan pemasaran dan periklanan untuk suatu
produk dalam sebuah bisnis. Media sosial memungkinkan pihak brand dan
komsumen saling berinteraksi dan memungkinkan pelanggan untuk bereaksi
terhadap produk yang ia dapatkan, atau hal ini juga dapat dikatakan
sebagai review dari pelanggan terhadap produk yang ia beli. Hal ini juga
sangat berpengaruh untuk menarik pelanggan berikutnya, karena dengan
adanya media sosial ini konsumen lebih tertarik dengan konten dari
konsumen lain di media sosial, dari pada konten yang dibuat oleh
produsen itu sendiri. Prinsip review tersebut juga dapat dikatakan
sebagai prinsip pemasaran yang melibatkan prospek keberhasilan
terjualnya suatu produk. Semakin banyak review bagus dari konsumen
sebelumnya, maka akan semakin naiklah nama brand atau produk tersebut,
sehingga akan dapat membawa konsumen-konsumen baru.
Selain review tadi, sepertinya yang sangat marak saat ini yaitu
endorsement. Endorsement juga menjadi salah satu konten dari seorang
konsumen yang dapat menarik konsumen lainnya. Hal ini sangat
mempengaruhi niat pembeli terhadap produk yang disebutkan di dalam
konten tersebut.
Media sosial bukan hanya tempat memasarkan produk dan layanan
perusahaan, tetapi juga sebagai tempat berinteraksi dengan pelanggan
untuk mencoba dan menyelesaikan masalah mereka. Sehingga dapat
dikatakan, saat ini media sosial merupakan pemeran utama dalam kehidupan
berbisnis. Oleh karena itu, sudah saatnya perusahaan membuat strategi
yang efektif dan menggunakan semua kesempatan yang ada, salah satunya
menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran.
Baiklah, itulah sedikit hasil review saya. Mohon maaf apabila ada
yang salah, karena saya juga masih belajar. Mungkin untuk dapat membuat
saya lebih baik lagi dalam bidang ini, dimohon kritik dan sarannya,
terimakasih.
Referensi:
http://www.icommercecentral.com/open-access/verification-of-social-impact-theory-claims-in-social-media-context.php?aid=38075
https://www.researchgate.net/profile/Simeon_Edosomwan/publication/303216233_The_history_of_social_media_and_its_impact_on_business/links/57fe90ef08ae56fae5f23f1d/The-history-of-social-media-and-its-impact-on-business.pdf
https://www.researchgate.net/profile/Abu_Bashar/publication/281676030_EFFECTIVENESS_OF_SOCIAL_MEDIA_AS_A_MARKETING_TOOL_AN_EMPIRICAL_STUDY/links/55f3c68008ae63926cf25bdc.pdf
Komentar
Posting Komentar