Perkembangan Teknologi Komunikasi – Journal Review 2

Saya Yassar Hasan (1502180001) mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, Telkom University akan kembali me-review beberapa jurnal internasional. Pada kesempatan ini saya akan me-review jurnal internasional mengenai dampak dari media sosial terhadap bisnis, hal ini juga sekaligus untuk memenuhi tugas mata kuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi saya. 

Pada tulisan ini saya me-review tiga buah jurnal, yang pertama yaitu jurnal tahun 2012 yang berjudul “Verification of Social Media Impact Theory Claims in Social Media Context” oleh Imran Mir dan Arshad Zaheer. Jurnal kedua tahun 2011, berjudul “The History of Social Media and its Impact on Business” oleh Simeon Edosomwan, Sitalaskshmi Kalangot Prakasan, Doriane Kouame, Jonelle Watson, dan Tom Seymour. Dan jurnal ketiga tahun 2012, yang berjudul “Effectiveness of Social Media as a Marketing Tool: an Empiricial Study” oleh Abu Bashar, Irshad Ahmad, dan Mohammad Wasiq.

Ketiga jurnal tersebut sama-sama membahas mengenai media sosial dan business. Jadi, saya akan menjabarkan garis besar pembahasan ketiga jurnal tersebut sebagai berikut:

Media sosial merupakan metode yang memiliki biaya rendah atau hemat biaya dalam melakukan kegiatan pemasaran dan periklanan untuk suatu produk dalam sebuah bisnis. Media sosial memungkinkan pihak brand dan komsumen saling berinteraksi dan memungkinkan pelanggan untuk bereaksi terhadap produk yang ia dapatkan, atau hal ini juga dapat dikatakan sebagai review dari pelanggan terhadap produk yang ia beli. Hal ini juga sangat berpengaruh untuk menarik pelanggan berikutnya, karena dengan adanya media sosial ini konsumen lebih tertarik dengan konten dari konsumen lain di media sosial, dari pada konten yang dibuat oleh produsen itu sendiri. Prinsip review tersebut juga dapat dikatakan sebagai prinsip pemasaran yang melibatkan prospek keberhasilan terjualnya suatu produk. Semakin banyak review bagus dari konsumen sebelumnya, maka akan semakin naiklah nama brand atau produk tersebut, sehingga akan dapat membawa konsumen-konsumen baru.

Selain review tadi, sepertinya yang sangat marak saat ini yaitu endorsement. Endorsement juga menjadi salah satu konten dari seorang konsumen yang dapat menarik konsumen lainnya. Hal ini sangat mempengaruhi niat pembeli terhadap produk yang disebutkan di dalam konten tersebut.
Media sosial bukan hanya tempat memasarkan produk dan layanan perusahaan, tetapi juga sebagai tempat berinteraksi dengan pelanggan untuk mencoba dan menyelesaikan masalah mereka. Sehingga dapat dikatakan, saat ini media sosial merupakan pemeran utama dalam kehidupan berbisnis. Oleh karena itu, sudah saatnya perusahaan membuat strategi yang efektif dan menggunakan semua kesempatan yang ada, salah satunya menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran.
Baiklah, itulah sedikit hasil review saya. Mohon maaf apabila ada yang salah, karena saya juga masih belajar. Mungkin untuk dapat membuat saya lebih baik lagi dalam bidang ini, dimohon kritik dan sarannya, terimakasih. 

Referensi:
http://www.icommercecentral.com/open-access/verification-of-social-impact-theory-claims-in-social-media-context.php?aid=38075
https://www.researchgate.net/profile/Simeon_Edosomwan/publication/303216233_The_history_of_social_media_and_its_impact_on_business/links/57fe90ef08ae56fae5f23f1d/The-history-of-social-media-and-its-impact-on-business.pdf
https://www.researchgate.net/profile/Abu_Bashar/publication/281676030_EFFECTIVENESS_OF_SOCIAL_MEDIA_AS_A_MARKETING_TOOL_AN_EMPIRICAL_STUDY/links/55f3c68008ae63926cf25bdc.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wajib baca ini sebelum study tour